Senin, 03 Oktober 2016

3.10.16
Suarapatinews. Pati - Sejarah panjang bangsa Indonesia dalam mempertahankan Dasar Negara dan Ideologi yaitu Pancasila sebagai ladasan bernegara sangat mendera kehidupan masyarakat pada waktu itu, jatuh bangun dari serangan yang mengatasnamakan komunis ideologi sayap kiri yang dikembangkan oleh pemimpin Uni soviet pada saat itu, Leninisme maupun marxisme berkembang pesat di eropa maupun di asia. Sepak terjang para pemimpin ideologi sayap kiri di negeri yang baru seumur jagung begitu mengerikan, banyaknya pembunuhan penculikan dan pembantaian yang dilakukan oleh Muso pada tahun 1948 sangat membekas disanubari bangsa ini begitu juga peristiwa pada saat gestapu 30 september 1965 kup makar atas nama dewan jenderal telah melakukan penculikan dan pembunuhan kepada para jenderal - jenderal maupun para tokoh sipil kyai dan sebagainya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.



Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2016, Organisasi Masyarakat (Ormas) se - Kabuapten Pati melakukan refleksi Kesaktian Pancasila dengan cara pawai dari Stadion Joyo Kusuma menuju alun-alun simpang 5 sambil membentangkan Bendera Merah Putih dengan panjang 100 Meter bertajuk "Kirap Merah Putih".
Pawai kirap Merah Putih Ormas se-Kabupaten Pati ini diikuti juga TNI dan pelajar tingkat SLTA. 

Masing-masing peserta dengan caranya sendiri ada yang menggunakan Mobil Jeep Tua, Sepeda Motor Tua, Marcine Band dan ada yang berjakan kaki. Sehingga pawai tersebut menjadi tontonan bagi masyarakat Pati sepanjang jalan yang dilewati.
Antusias masyarakat untuk melihat pawai kirap Merah Putih sangat besar sekali, sehingga pawai tersebut terlihat sangat meriah. Banyak pula pula masyarakat memanfaatkan moment tersebut untuk berfoto selfi.



Peristiwa flas back dari sejarah yang telah buram ini jangan sampai terulang kembali, kita rapatkan barisan demi tegaknya atau lahirnya Pancasila sakti, bagaimanapun refleksi diri sebagai generasi penerus bangsa harus mencerminkan keluhuran budi sebagai bangsa yang besar, untuk itu di tengah arus globalisasi yang telah digerus oleh jaman semangat anak - anak muda di kabupaten Pati melakukan pawai kirap Merah Putih, semua elemen Ormas mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di alun-alun simpang 5 Pati.


0 komentar:

Posting Komentar